Sungai Saigon Membawa Pengalaman Tersendiri bagi Komandan KRI

By Admin

nusakini.com--Pelayaran di sepanjang Sungai Saigon membawa kesan tersendiri bagi Komandan KRI Sultan Hassanuddin dan KRI Sultan Iskandar Muda, Letkol. Bina Irawan Marpaung dan Letkol Andri Kristianto.

Pelayaran menyusuri sungai, melintas jembatan, merupakan pengalaman pertama kapal perang kelas siaga fregat, sehingga Komandan kapal menginstruksikan kepada jajaran dibawah komandonya untuk meningkatkan kewaspadaan. Pekan lalu, kedua kapal berlabuh dengan selamat di Saigon Port, Ho Chi Minh City.  

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan persahabatan guna mendukung diplomasi militer Indonesia. Melalui kunjungan ini, diharapkan agar Indonesia dapat menunjukkan eksistensinya kepada masyarakat ASEAN, khususnya Vietnam. Kapal juga menyediakan brosur-brosur mengenai Indonesia guna mendukung pariwisata Indonesia. 

Konjen RI HCMC yang menerima kapal bersama Atase Pertahanan RI Hanoi, menyampaikan rasa bangga atas kedatangan kedua kapal perang seraya menggarisbawahi pentingnya kedatangan misi pelayaran bagi persahabatan Indonesia dan Vietnam. Kedatangan tersebut sejalan dengan Declaration on Joint Vision on Defence Cooperation yang baru saja ditandatangani oleh Menteri Pertahanan RI dan Vietnam.  

Konjen berpesan kepada awak kapal bahwa awak kapal adalah duta bangsa Indonesia. Oleh karena itu, awak kapal diminta untuk menghormati budaya serta membina hubungan yang baik ketika bertemu dengan masyarakat setempat.(p/ab)